Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

SUKSES MEMBANGUN WEBSITE BISNIS ONLINE

image

SUKSES MEMBANGUN TOKO ONLINE

Pernahkah anda membeli sesuatu dari internet ? atau apakah anda adalah salah satu pemilik toko online tersebut ? saya yakin beberapa dari anda akan menjawab Ya!. Dan memang sepertinya pada jaman ini, para pengusaha sudah mulai menyadari pentingnya sebuah toko online bagi perkembangan bisnis mereka dan itu menjadi salah satu kemudahan bagi anda ( jika anda seorang customer / pelanggan ), karena hanya dengan beberapa klik saja, barang yang anda inginkan sudah sampai di tangan anda. Pada artikel kali ini saya tidak membicarakan bagaimana atau tips / trik berbelanja di internet / toko online, tetapi saya akan memberikan sedikit tips dan trik bagaimana menyukseskan toko online anda.....

Berapa banyak toko online di Indonesia yang pernah Anda lihat ? Berapa diantara mereka yang sukses ? Tidak semua sukses bukan ?Kunci Sukses Membangun Toko Online

Lalu, sebenarnya berapa sih potensi penghasilan peluang usaha toko online ini ? Wah, kalau yang ini tergantung produk, penjualan dan bagaimana Anda mengembangkan bisnis tersebut. Bagi Anda yang sudah berbisnis online, pasti sudah bisa memperkirakan. Bagi Anda yang belum bisnis online, percaya saja bahwa potensinya di luar perkiraan Anda saat ini.

Bisnis toko online merupakan salah satu peluang bisnis yang bisa kita coba. Toko online adalah website yang digunakan untuk menawarkan barangn / jasa.

Saat ini banyak tersebar bisnis toko online yang bermunculan. Tentu saja tidak semuanya sukses. Bagaimana agar bisnis toko online ini sukses? Tips ini untuk bisnis toko online dengan produk anda.

1. Membangun Tim

Ingin seberapa besarkah toko online contoh toko gps Anda, bangunlah tim yang sesuai. Jika bermodal kuat, rekrutlah orang-orang yang berkompeten. Jika sudah beristri, Anda bisa menjadikan istri sebagai tim Anda. Orang-orang dekat Anda (saudara) juga bisa menjadi tim Anda. Memberikan pekerjaan kepada orang dekat bisa menjadi kekuatan spiritual yang membuat Anda sukses. Jika tidak memungkinkan membangun tim toko gps, mulailah seorang diri. Anda bisa merangkak dari bawah hingga Anda mampu dan siap merekrut tim yang tangguh.

Tanpa tim, usaha kita tidak akan berkembang dan bertahan lama.

2. Membuat Website yang Menjual

Website adalah pilar utama promosi Toko Online. Anda harus punya website sendiri. Bukan web gratisan. Sebaiknya berakhiran .com atau .net, karena ini yang sudah populer di masyarakat. Toh, biaya tahunan domain dan hosting yang murah, Frenchise Website PT. SITEKNO seperti www.site-matic.com hanya mengeluarkan biaya Rp 330.000/tahun. Website Anda harus bisa ‘menjual’. Artinya website Anda tersebut harus bisa mewakili Anda untuk menjadi sales yang memikat bagi pembeli. Website Anda harus bisa meyakinkan pengunjung bahwa Anda layak diajak bertransaksi. Cantumkan alamat jelas dan no telp yang mudah dihubungi. Cantumkan foto-foto produk gps dan foto-foto lain yang membuat pengunjung semakin percaya dengan Anda.

Website Anda harus terindek di search engine, dan mudah ditemukan untuk keyword yang berhubungan dengan produk Anda. Gunakan script toko online yang search engine friendly. Tidak semua script toko online ramah dengan search engine. Karena itu, saya lebih suka menggunakan blog untuk jualan online daripada script yang tidak ramah dengan mesin pencari. Dan saya rasa blog cocok bagi pemula. Apalagi untuk produk-produk yang harganya mahal dan tidak bisa order online secara langsung. Bisa juga blog menjadi web pendukung bagi toko online Anda.

3. Promosi Tepat

Siapa calon konsumen Anda ? Dimanakah Anda akan menemukan mereka ? Cara cepat dan tepat menemukan konsumen adalah dari search engine (google, yahoo, toko gps dll). Disinilah pentingnya SEO (search engine optimization ).

Promosi yang lain adalah di iklan baris, iklan di web yang banyak pengunjungnya, PPC ataupun komunitas online. Tentu saja harus kembali lagi “Siapa Calon Konsumen Anda”.

4. Pelayanan

Lakukan pelayanan yang baik. Kecepatan pelayanan salah satu kunci utama dalam toko gps online. Bermitralah dengan jasa pengiriman barang terpercaya. Garansi produk juga penting. Jika usaha Anda bertambah besar, bentuklah tim yang tangguh.

5. Mental Wirausahawan Sukses

Usaha toko online adalah sama dengan usaha lainnya. Miliki mental wirausahaan yang sukses, antara lain :

- Pantang menyerah. Di bisnis apapun, kendala pasti ada.

- Sabar. Produk Anda mungkin laku di hari pertama, mungkin juga di tahun pertama sepertti toko gps .

- Berani menghadapi resiko dalam toko gps. Resiko pasti ada. Tinggal bagaimana kita menghadapinya.

- Selalu mencari peluang. Boleh jadi bisnis pertama Anda gagal. Tapi itu bukan akhir segalanya, kan?

Peluang usaha toko online masih banyak. Silahkan cari peluang yang sesuai dengan Anda.

6. Belajar Seperlunya.


Peran seperti apa yang Anda inginkan di toko online Anda ? Itulah yang harus Anda pelajari. Anda tidak harus mempelajari semuanya.

Misalnya, Anda ingin memasarkan produk. Yang perlu Anda pelajari internet marketing dan dasar-dasar membuat web/blog (tidak harus ahli html). Bidang-bidang lain, bisa Anda serahkan ke tim Anda (produksi barang, pengiriman, promosi offline, dll).

Tetapi Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk suksesnya sebuah toko online:

1. Domain, ketika ingin membangun toko online, pertama kali yang harus disiapkan adalah nama domain .Pemilihan nama domain ini penting karena ini akan menjadi identitas kita di online. Selain itu domain juga berfungsi sebagai alamat toko kita, ibaratnya kalau di dunia nyata, itu adalah merek toko sekaligus alamat (lokasi Kota berjualan).

Dalam memilih domain ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • identik, harus sesuai dengan brand atau merek kita, sehingga persepsi yg terbangun tidak bias dengan bisnis yang kita bangun.
  • gunakan .com, contoh: tokoanda.com. Pemilihan .com karena lebih populer dibanding yang lain, dan biasanya ini dipakai untuk kegitan komersial. Kalau sudah tidak tersedia bisa memilih yang lain, spt .net, .org (organisasi), .biz dll.
  • gampang diingat, gunakanlah kata yang gampang diingat orang, unik, dan gampang dituliskan sehingga tidak menimbulkan kesulitan bagi target pengunjug web kita.
  • jangan terlalu panjang, maksimal domain yang digunakan terdiri dari dua kata.

2. Setelah memilih domain dengan benar selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kita harus membangun kepercayaan dari konsumen (amanah). Membangun kepercayaan ini mulai dari kesesuaian antara foto dan deskripsi produk dengan kondisi produk sebenarnya; tepat waktu dalam pengiriman barang; sampai memperhatikan kemasan barang. Selain itu membangun kepercayaan juga bisa dengan menampilkan alamat yang bisa dikontak, nomor telfon, dan alamat email.

3. Mempunyai pengetahuan tentang online marketing. Ini sangat penting untuk memperkenalkan bisnis, toko online kita kepada target yang Kira inginkan. Ada beberapa media yang harus diperhatikan dalam online marketing ini; search engine seperti
Google, yahoo dan Bing; social media seperti, facebook, twitter, dan YouTube.

Ketiga hal diatas adalah kunci dasar ketika ingin sukses membangun bisnis di online. Nah selanjutnya ga usah bingung-bingung saatnya untuk praktek, apalagi untuk anda yang sudah mempunyai bisnis di offline dan ingin mengembangkan ke online.

Peluang usaha Toko Online adalah salah satu peluang usaha yang bisa Anda coba. Toko online yang saya maksud adalah website yang digunakan oleh pelaku bisnis untuk memasarkan produknya. Produk bisa berupa barang atau jasa. Tapi, di tulisan ini saya ingin lebih fokus pada produk barang.

Ditambahkan dan diintisarikan dari www.tangandiatas.com

Kunci sukses berbisnis toko online :


1. Bangun website yang optimal.

Website merupakan ujung tombak dalam bisnis toko online. Oleh karena itu buatlah website yang dapat meyakinkan pengunjung bahwa anda layak diajak bertransaksi. Cantumkan nama, alamat dan nomor telepon yang jelas. Karena kebanyakan calon pelanggan akan lebih yakin setelah kontak langsung dengan pengelola toko online.
Usahakan menggunakan alamat/ domain sendiri yang berakhiran .com, .net, .biz dll, jangan gunakan blog gratisan. Toh saat ini biaya domain + hosting tidak begitu mahal.

2. Lakukan Promosi.

Promosi yang paling bagus adalah di seach engine, misalnya google.com atau yahoo.com. Namun bagi website baru akan kesulitan tampil di halamat pertama saat ada pencarian. Solusinya dapat digunakan google adwords ( untuk google.com ). Namun yang ini perlu modal.
Promosi instan yang bagus untuk website baru adalah menggunakan jasa iklan baris gratisan yang banyak kita jumpai. Contoh web iklan baris, lakukan pencarian di google.com dengan kata kunci "pasang iklan " akan muncul banyak iklan baris gratisan

3. Berikan pelayanan terbaik

Layanan terbaik tidak bisa diabaikan. Terutama untuk menghasilkan repeat order di toko online anda. Berikan layanan yang cepat dan berikan garansi produk apabila memungkinkan. Dan yang tidak kalah pentingnya, gunakan jasa pengantaran yang dapat diandalkan.

4. Pantang menyerah

Rintangan dan kendala pasti ada disetiap usaha bisnis. Jadi jangan pernah menyerah dengan setiap kendala. Produk anda bisa terjual di hari pertama, bulan pertama, bahkan kadang harus nunggu 1 tahun produk baru terjual, jadi sabar aja. Gagal di satu usaha, cari peluang usaha lain. Masih banyak peluang usaha online yang menunggu kita garap :)

5. Selalu kembangkan potensi diri.

Dunia selalu berkembang. Jadi jangan pernah ketinggalan. Kita tidak perlu menguasai semua hal untuk sukses. Pelajari saja apa yang diperlukan untuk bisnis yang anda geluti. Fokus pokoknya.



Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 6+4+0

INFORMATION

CUSTOMER SERVICE

 

YM id                 : krisainer

Pin Blackberry : 20E45C6E

 

Kristeddy Pranata

 

 

Artikel Terbaru
PARTNER LINK
SLINK
Komentar Terbaru

TRANSLATE

GADGET

free counters

 

widgeo.net
Copyright © 2014 st297760.sitekno.com · All Rights Reserved